Rabu, 22 Desember 2010

Menara tertinggi di Dunia

“Keajaiban” dari Dubai segera membuat dunia terkagum. Pencakar langit tertinggi di dunia bernama Burj Dubai itu akan mulai dibuka pada Senin nanti.
Burj Dubai merupakan menara setinggi 605 meter, terdiri dari 160 lantai yang didirikan sejak 2004 lalu. Dilengkapi dengan 57 lift, 1.044 apartemen dan 49 lantai khusus untuk perkantoran, plus hotel berlogo Giorgio Armani, menara ini masih bisa terlihat dari jarak sejauh 95 km.
Sebuah spiral berbentuk Y yang didesain Adrian Smith pada bangunan prestisius ini bermanfaat sebagai pendukung struktur inti menara berbiaya 1 miliar dolar tersebut.
Burj Dubai merupakan pusat dari distrik perbelanjaan baru, termasuk 30.000 apartemen dan Dubai Mall. Dengan konsentrasi 1.200 pertokoan, ia menjadi area pusat perbelanjaan indoor terbesar di dunia.
Proyek digagas Emaar, firma properti terbesar yang sebagian sahamnya milik pemerintah ini, menggandeng desainer menara Skidmore, Owings and Merrill (SOM) – AS, serta melibatkan raksasa konstruksi seperti Samsung Engineering & Construction – Korea Selatan, BESIX group – Italia, dan Arabtec – Uni Emirat Arab. Para perancang konstruksinya mengklaim bahwa penerapan teknologi desain konstruksi terbaru, Burj Dubai akan menjadi bangunan paling aman tenang, dan senyap walau diterpa tiupan angin kencang…bahkan jika dibandingkan dengan bangunan yang jauh leih rendah sekalipun.
Jauh sebelum grand opening pada Senin mendatang, pencakar langit tertinggi di dunia ini sudah banyak diminati pembeli dan penyewa, walau harganya cukup mahal. Seorang pebisnis Arab mengatakanbahw ia sudah membeli satu apartemen dengan satu ruang kamar di lantai 80 seharga 3 juta dollar (2008). Sementara satu kaki persegi area komersil di menara tersebut dijual seharga 4.500 – 5.500 dolar (2008).
Banyak pengamat yang yakin bahwa ini adalah proyek raksasa terakhir Dubai yang sangat terkenal di dunia, setelah sebelumnya mewujudkan proyek pulau-pulau buatan Palm Jumeirah di pantai Dubai!* (berbagai sumber)

http://www.medantalk.com/menara-tertinggi-di-dunia-senin-dibuka/
Source: Menara Tertinggi di Dunia, Senin Dibuka! | Berita Cerita Kota Medan http://www.medantalk.com/menara-tertinggi-di-dunia-senin-dibuka/#ixzz18uFrXagM
Copyright: www.MedanTalk.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar